3 Kiat Sukses Mempersiapkan Diri Untuk Dunia Kerja

Oleh Admin | 23 Mei 2019


Untuk kamu yang masih di bangku kuliah, sekarang tidak terlalu awal untuk menyiapkan diri agar unggul di pasar tenaga kerja nantinya.

Kira-kira apa saja ya kiat-kiatnya ?

  1. Cemerlang di akademik.

Kita ke kampus untuk apa gaes? Tentu saja untuk kuliah dan menuntut ilmu, dan hasilnya akan terlihat di hasil akademik kamu. Bergaul dan bersenang-senang boleh, tapi ingat ya gaes, masa depan kamu ditentukan dari sejak saat kita mempersiapkannya. Kapan itu? Sekarang, iyaaa sekarang. Jadi jangan lupa tugas utama kita… Belajar !

  1. Aktif berorganisasi

Mengapa ini penting menurut kamu? Aktif berorganisasi (ingat ya… aktif! bukan hanya nebeng nama di panitia atau pengurus saja). Aktif dalam organisasi akan mengasah kemampuan sosial kamu, bagaimana berinteraksi dengan orang, bagaimana bekerja dalam tim, bagaimana pendekatan pemecahan masalah kamu, bagaimana daya juang kamu untuk mencapai tujuan organisasi. Karakter-karakter seperti ini pada umumnya disenangi di dunia kerja, karena tanpa try out kamu akan langsung diceburkan dalam lautan karakter yang berbeda di dunia kerja

  1. Kompetensi Skill kamu

Lulusan dengan IP tinggi dan aktif berorganisasi sudah sangat banyak ditemui di pasar tenaga kerja saat ini. Jadi apakah cukup hanya memiliki IP tinggi dan orang yang socially active? Ternyata tidak gaes, kamu perlu menunjukkan kalua kamu memang kompeten di skill yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Ternyata no. 3 ini mungkin yang sering terlupakan ya gaes. Sekarang pertanyaannya… Bagaimana perusahaan tahu kamu punya kompetensi ? Mata kuliah tertentu punya nilai deret A ? Menaruh “saya mampu…” di Curriculum Vitae ? Kalau begitu apakah kiat suksesnya kita mampu mengedit CV ?

Bukan gaes, kita perlu punya sertifikat yang menunjukkan bahwa kamu kompeten di skill tersebut. Sertifikat dari siapa ? Tentu saja dari Lembaga pelatihan yang mengeluarkan sertifikat yang diakui

Contoh:

  • Kamu ingin bekerja di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, sertifikasi sebagai seorang ahli K3 akan membantu kamu.
  • Kamu seorang dokter yang hendak bekerja pada perusahaan ? Sertifikasi dari Balai Hiperkes akan membantu kamu.

Sekarang zaman mulai bergeser, sudah mulai sedikit perusahaan yang mau mensertifikasi karyawannya apabila di luaran tersedia tenaga yang sudah tersertifikasi. Masyrakat Ekonomi ASEAN di depan mata gaes,

You need to take ownership of your own future !!

Mari bergerak, terutama bila kamu masih kuliah persiapkan diri kamu sejak sekarang. Mulai sasarkan kompetensi apa yang hendak kamu raih dan mulai buat perencanaan bagaimana mencapainya, karena… ternyata sertifikasi itu juga tidak murah.

Tetap semangat, tatap masa depan, dan terus melangkah !

Siapkan masa depan anda, pilihan kursus untuk membangun kompetensi anda dapat dicari dalam katalog uangkursus.com



Share