Ahli K3 Umum Madya Sertifikasi BNSP

Uangkursus.com Verified Partner

Informasi

Sertifikasi

BNSP

Tanggal

07 Oktober 2019 - 10 Oktober 2019

Waktu

09:00 - 17:00

Kategori

Safety

Harga

Rp. 7.000.000
Rp. 6.930.000

Sisa Kuota

20

Lokasi - Kota

Tangerang

Deskripsi / Persyaratan

Training Ahli K3 Umum Madya Bersertifikasi BNSP

[BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI DIBENTUK OLEH PEMERINTAH MELALUI PP 23 TAHUN 2004. BNSP MERUPAKAN SATU-SATUNYA BADAN YANG BERWENANG MEMBERIKAN SERTIFIKASI KOMPETENSI DI INDONESIA. KEAHLIAN DALAM BIDANG KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) MERUPAKAN SALAH SATU BENTUK PROFESI ATAU KOMPETENSI. SERTIFIKASI KOMPETENSI KEAHLIAN K3 MENGACU PADA SKKNI K3 YANG DIBUAT OLEH DEPNAKER]

APAKAH Bidang keahlian atau Kompetensi Anda sebagai Ahli K3 Umum ingin diakui secara Nasional dan Internasional ?. Tahukah Anda bahwa pasar kerja nasional dan internasional menuntut tersedianya tenaga-kerja yang kompeten di setiap bidang, banyak industri dan organisasi mempersyaratkan agar tenaga-kerjanya memiliki sertifikasi kompetensi yang kredibel. Di berbagai negara, pemerintahnya ada juga yang menghendaki bahwa tenaga kerja yang ingin bekerja harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga otoritas yang diakui sah. Kompetensi kerja adalah spesifikasi dari sikap pengetahuan dan keterampilan atau keahlian serta penerapannya secara efektif dalam pekerjaan sesuai dengan standard kerja yang dipersyaratkan. Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberian sertifikasi kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja baik yang bersifat nasional maupun internasional. Dengan memiliki sertifikasi kompetensi Ahli K3 Umum maka seseorang akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi yang dikuasainya dalam bidang K3. BNSP merupakan badan independen yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja.

Pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan peserta memperoleh sertifikat KOMPETENSI Ahli K3 Umum Madya/Pengawas dari BNSP. Pelatihan persiapan sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) KOMPETENSI Ahli K3 Madya dirancang berbasis kompetensi (Competency Based Training) yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) K3. Untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi, para peserta training akan diuji oleh assessor dari LSK-K3 (Lembaga Sertifikasi Kompetensi Kesehatan dan Keselamatan Kerja). LSK-K3 didukung oleh KEMENAKERTRANS melalui surat resmi dari Direktur Jendral BINWASNAKER NOMOR B-710 tertanggal 31 DESEMBER 2008 Untuk terwujudnya sertifikasi kompetensi Ahli K3 di Indonesia dalam menghadapi era persaingan global / AFTA.

Latar Belakang Training Ahli K3 Umum:

Persaingan global menuntut pelaku industry di Indonesia untuk lebih meningkatkan pelaksanaan program kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Perusahaan-perusahaan kelas dunia bahkan sudah menjadikan indikator keberhasilan K3 sebagai salah satu faktor yang bisa meningkatkan daya saing dalam pasar global. Keberhasilan peningkatan pelaksanaan program K3 didalam perusahaan tentu tidak bisa dilepaskan dari kemampuan atau kompetensi pelaksana program K3 tersebut. Ahli K3 yang memiliki kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) K3 sangatlah dibutuhkan untuk menjamin penerapan K3 secara efektif dan tepat.

HSP academy dapat membantu perusahaan anda dalam meningkatkan kompetensi K3 personel K3 di tempat anda sesuai dengan SKKNI K3. Pelatihan ini dirancang berbasis kompetensi yang mengacu kepada SKKNI K3 dan disertifikasi oleh Badan Sertifikasi Nasional Profesi (BNSP)

Sasaran Training Ahli K3 Umum:

  • Menghasilkan ahli K3 Madya yang memiliki kompetensi K3 sesuai dengan SKKNI K3.
  • Peserta diharapkan memahami peraturan perundangan K3 yang berlaku.
  • Peserta mampu menerapan sistem manajemen K3.
  • Peserta mampu melakukan identifikasi bahaya dan risiko ditempat kerja.
  • Peserta mampu menerapkan pengendalian bahaya dan risiko ditempat kerja.
  • Peserta mampu menerapkan sistem manajemen risiko di tempat kerja.
  • Peserta memahami prinsip-prinsip hygiene industry.
  • Peserta mampu menerapkan hygiene industry untuk mengendalikan risiko.
  • Peserta mampu melakukan analysis penyebab kecelakaan ditempat kerja.
  • Mampu mengembangkan program untuk meningkatkan partisipasi K3.
  • Mampu mengelola sistem dan informasi K3